~~~Cara Alami Menghilangkan Jerawat - Info Tentang Obat Jerawat - Obat Jerawat Tradisional - Obat Jerawat Paling Ampuh - Obat Jerawat Batu - Obat Jerawat Gamat - Obat Jerawat Yang Alami - Obat Jerawat di Punggung dan Obat Jerawat yang Bagus~~~

Cara Alami Menghilangkan Jerawat/Cara Tradisional

Sudah menjadi rahasia umum bahwa keberadaan jerawat (terutama di wajah) akan sangat berpengaruh terhadap rasa percaya diri orang yang menderitanya. Maka dari itu setiap orang yang berjerawat pasti akan mati-matian berusaha agar makhluk bernama jerawat itu dapat segera dienyahkan dari wajah ataupun bagian tubuh lainnya.

Bagi mereka yang berdompet tebal mah menghilangkan jerawat bukan masalah yang sulit. Tinggal pergi ke salon perawatan kulit yang mahal, ikuti terapinya, gunakan produknya, selesai deh. Tapi bagaimana dengan mereka yang berdompet tipis(seperti saya ini misalnya)? Apakah tidak ada harapan untuk menghilangkan jerawat dengan biaya yang murah?

Tentu saja ada, banyak malah. Berikut beberapa cara tradisional/alami yang bisa kalian coba untuk membantu menghilangkan jerawat :

  1. Bawang Putih

  2. Ada dua pilihan dalam menggunakan bawang putih untuk menghilangkan jerawat. Pertama dengan menumbuk dua atau lebih bawang putih hingga cukup halus lalu dioleskan ke bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama 10 menit lalu bilas. Sedangkan cara kedua adalah dengan memakan satu atau lebih bawang putih setiap hari.

    Banyak yang mengatakan kedua cara ini cukup efekktif, namun bagi kalian yang tidak menyukai bau bawang putih mungkin lebih baik menempuh cara yang lain. Jangan khawatir masih banyak cara alami lainnya yang akan saya jelaskan di bawah ini.

  3. Putih Telur

  4. Bagaimana caranya? Mudah saja. Pisahkan kuning telur dan ambil putih telurnya saja. Kocok sebentar lalu oleskan ke wajah dan diamkan selama 15 menit. Putih telur ini akan membantu mengurangi minyak di wajah yang seringkali menyebabkan timbulnya jerawat.

  5. Pasta Gigi

  6. Satu hal yang perlu diingat disini pasta gigi yang digunakan adalah yang bentuknya pasta(seperti Pepsodent) bukan yang bentuknya gel(seperti Close Up). Caranya hampir sama denga kedua cara di atas. Oleskan pasta gigi ke jerawat dan bagian lain di sekitar jerawat tersebut sebelum tidur. Biarkan semalaman/sampai pagi kemudian bilas dengan air bersih.

  7. Lidah Buaya

  8. Ambil satu daun lidah buaya, potong beberapa bagian, kelupas kulit luarnya, oleskan di bagian yang muncul jerawat, dan ulangi melakukan cara ini tiap pagi dan sore. Jika kalian cukup telaten, jerawat mungkin akan dapat mongering dan mengelupas selama 3 hari. Selain itu lidah buaya juga mampu menghilangkan bekas jerawat yang membandel. Sekali lagi kuncinya hanya satu, TELATEN!

  9. Tomat

  10. Buah yang satu ini selain bagus untuk kesehatan mata juga cukup efektif menghilangkan komedo hitam(blackheads). Yang pertama harus dilakukan adalah mengiris tomat menjadi dua lalu oleskan ke seluruh wajah yang berjerawat dan biarkan selama 15 menit – 1 jam kemudian bilas.


  11. Lemon/Jeruk Nipis + Air Mawar

  12. Lemon, jeruk nipis dan buah-buah sebangsanya mengandung citric acid yang sangat kaya, dimana citric acid ini sangat baik untuk memindahkan sel-sel kulit yang mati yang bisa menyebabkan jerawat. Caranya yaitu dengan mencampurkan jus/perasan lemon dengan air mawar kemudian oleskan di wajah dan biarkan selama 10-15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat. Penerapan terapi ini secara rutin dan konsisten selama 15 hari akan memberikan hasil yang cukup luar biasa(sudah banyak yang membuktikan, termasuk saya).


Keenam cara alami untuk menghilangkan jerawat yang telah saya sebutkan di atas tidak harus kalian lakukan semua. Kalo kalian termasuk pemalas(seperti saya), pilih saja salah satu cara yang menurut kalian paling mudah dilakukan. Jalankan selama minimal 15 hari secara rutin, jika tidak ada perubahan baru coba cara yang lain. So, Selamat Mencoba…


Tagged with: cara mengatasi jerawat, cara menghilangkan jerawat, jerawat badan, komedo, masker jerawat, masker pepaya, masker wajah, menghilangkan jerawat, obat alami jerawat, obat jerawat, obat jerawat tradisional, tips jerawat, Obat Jerawat Tradisional, Obat Jerawat Paling Ampuh, Obat Jerawat Ampuh, Obat Jerawat Batu, Obat Jerawat Yang Ampuh, Obat Jerawat Gamat, Obat Jerawat Yang Alami, Obat Jerawat di Punggung, Obat Jerawat yang Bagus, Obat Jerawat yang Paling Ampuh, Obat Jerawat
»»  Selengkapnya...

Obat Jerawat Tradisional Paling Ampuh

Obat Jerawat Tradisional Pepaya

tips-jerawat

Lagi browsing-browsing situs kecantikan India, dan nemu tips menghilangkan jerawat secara tradisional menggunakan buah pepaya.

Caranya, pepaya yang matang di campur dengan air secukupnya, dan aduk sampai berbentuk cairan kental. Oleskan pada wajah / bagian yang berjerawat, diamkan sampai mengering, lalu bilas.

Ada yang mau coba masker pepaya untuk jerawat ini?

Source: dunia-ibu.org
Tagged with: cara mengatasi jerawat, cara menghilangkan jerawat, jerawat badan, komedo, masker jerawat, masker pepaya, masker wajah, menghilangkan jerawat, obat alami jerawat, obat jerawat, obat jerawat tradisional, tips jerawat, Obat Jerawat Tradisional, Obat Jerawat Paling Ampuh, Obat Jerawat Ampuh, Obat Jerawat Batu, Obat Jerawat Yang Ampuh, Obat Jerawat Gamat, Obat Jerawat Yang Alami, Obat Jerawat di Punggung, Obat Jerawat yang Bagus, Obat Jerawat yang Paling Ampuh, Obat Jerawat

»»  Selengkapnya...

Obat Jerawat Tradisional Yang Ampuh

obat-jerawat-tradisionalPusing ngadepin jerawat yang sering datang berkunjung? Ga tau lagi gimana cara mengatasi jerawat yang nyebelin itu?

Obat jerawat tradisional dari kentang ini patut dicoba. Sudah ada beberapa testimoni dari member Dunia Ibu yang sudah membuktikan keampuhan obat jerawat ini.

Caranya mudah, kupas 2 buah kentang, lalu di juice. Minum sehari sekali. Jika jerawat sudah berkurang, bisa dikurangi minumnya jadi seminggu 2x. Tapi siap-siap ya, katanya rasanya kurang enak. Ya tapi emang jarang ya ada ‘obat’ yang rasanya enak :)

Tapi kalau lidah susah menerima rasa juice kentang tersebut, coba di gado tanpa di juice saja. Ya pasti rasanya sama-sama saja, tapi karena crunchy dan kriuk-kriuk, mungkin lebih bisa diterima oleh sang lidah.


Source: dunia-ibu.org
Tagged with: cara mengatasi jerawat, cara menghilangkan jerawat, jerawat badan, komedo, masker jerawat, masker pepaya, masker wajah, menghilangkan jerawat, obat alami jerawat, obat jerawat, obat jerawat tradisional, tips jerawat, Obat Jerawat Tradisional, Obat Jerawat Paling Ampuh, Obat Jerawat Ampuh, Obat Jerawat Batu, Obat Jerawat Yang Ampuh, Obat Jerawat Gamat, Obat Jerawat Yang Alami, Obat Jerawat di Punggung, Obat Jerawat yang Bagus, Obat Jerawat yang Paling Ampuh, Obat Jerawat

»»  Selengkapnya...

Ada Yang Tahu Obat Jerawat Yang Ampuh?

jerawatTanya:

Ada yang tahu obat jerawat yang ampuh? [VR]

Jawab:

Cuma mau berbagi saja, dulu waktu masih gadis jerawatku banyak sekali. Terus dapat resep minum juice kentang (mentah). Jadi kentang dikupas terus di juice. Sekali minum 2 buah kentang. Rasanya tidak enak, diminum setiap hari sekali. Setelah jerawat berkurang jadi seminggu 3x dan setelah bersih berhenti saja. Alhamdulillah sampai sekarang masalah jerawatku cuma waktu mau mens saja [Ay]

Waktu aku remaja dulu dapat info dari temanku untuk mengkonsumsi Yeastafort selama jerawatan. Dan benar Mbak, jerawat jadi pada cepat kering & wajah jadi cepat bersih. Yeastafort harganya murah dan hampir ditiap apotik jual waktu itu. Coba saja dicari Mbak, moga-moga masih ada ya sekarang [Wln]

Cerita dulu sedikit ya bu, semenjak aku dapat masukan dari mbak Ay, kira-kira sudah 11 hari sampai hari ini, aku menkonsumsi kentang mentah. Kebetulan aku suka sekali sama kentang mentah ini, buat lalapan hanya tadinya aku jarang mengkonsumsinya, ya.. sekali-sekali saja. Tapi sejak 11 hari yang lalu aku makan kentang mentah ini sehari 2 buah, tanpa di juice, aku gado saja seperti makan apel, sampai-sampai anak-anakku ikut-ikutan makan, enak katanya kriuk, kriukk.. ;-) ) dan hasilnya?, alhamdulillah sekarang ini jerawatku kering semua, alias sembuh, mudah-mudahan tidak ada yang muncul-muncul lagi, hanya tinggal mengilangkan bekas-bekasnya saja, ada solusinya? memang disamping itu juga aku rajin cuci muka 3x sehari dan kasih obat jerawat (C&C) tiap malam [VR]


Source: dunia-ibu.org
Tagged with: cara mengatasi jerawat, cara menghilangkan jerawat, jerawat badan, komedo, masker jerawat, masker pepaya, masker wajah, menghilangkan jerawat, obat alami jerawat, obat jerawat, obat jerawat tradisional, tips jerawat, Obat Jerawat Tradisional, Obat Jerawat Paling Ampuh, Obat Jerawat Ampuh, Obat Jerawat Batu, Obat Jerawat Yang Ampuh, Obat Jerawat Gamat, Obat Jerawat Yang Alami, Obat Jerawat di Punggung, Obat Jerawat yang Bagus, Obat Jerawat yang Paling Ampuh, Obat Jerawat

»»  Selengkapnya...

Obat Jerawat Paling Ampuh Tradisional

Bekas jerawat dapat meninggalkan lubang atau bopeng yang tentunya terlihat tidak cantik. Cara paling baik adalah untuk menghindari terjadinya lubang atau bopeng bekas jerawat. Yaitu dengan mengobati jerawat ketika baru mulai terlihat sehingga tidak meninggalkan bekas.

Biasanya, noda bekas jerawat yang berwarna merah atau cokelat akan hilang dengan sendirinya. Selama jerawat tidak di pencet atau digaruk, jerawat tidak akan meninggalkan lubang / bopeng yang mendalam.

Jika lubang / bopeng sudah terjadi, cara satu-satunya yang paling ampuh adalah dengan memaksa tumbuhnya lapisan kulit wajah yang baru. Hal ini bisa dilakukan dengan teknik laser atau demarbrasi. Beberapa produk siap pakai yang tersedia dipasaran dapat digunakan untuk teknik dermarbrasi.

Ada juga cara tradisional, yang pastinya memerlukan waktu lebih lama agar terlihat hasilnya. Berikut beberapa cara yang dapat dicoba di rumah:

  • Jus Lemon
    Peras lemon, oleskan di wajah 2x sehari. Minum jus lemon sehari sekali.
  • Lidah Buaya
    Ambil jel nya dan oleskan di wajah. Buat jus dan minum sehari sekali.
  • Madu
    Campur madu dan susu, lalu oleskan di wajah dua kali sehari.
  • Air putih
    Minum banyak air putih setiap hari.

Source: dunia-ibu.org
Tagged with: cara mengatasi jerawat, cara menghilangkan jerawat, jerawat badan, komedo, masker jerawat, masker pepaya, masker wajah, menghilangkan jerawat, obat alami jerawat, obat jerawat, obat jerawat tradisional, tips jerawat, Obat Jerawat Tradisional, Obat Jerawat Paling Ampuh, Obat Jerawat Ampuh, Obat Jerawat Batu, Obat Jerawat Yang Ampuh, Obat Jerawat Gamat, Obat Jerawat Yang Alami, Obat Jerawat di Punggung, Obat Jerawat yang Bagus, Obat Jerawat yang Paling Ampuh, Obat Jerawat
»»  Selengkapnya...

Obat Jerawat Ampuh Kaskus

obat jerawat ampuh!!!

misi para agan,...numpang buka lapak..buat yg lagi cari obat Jerawat..ane punya...dah banyk buktinya..gambar nyusul yee...garansi uang kembali jika muka tambah parah!! non-mercury!!! ada badan POM nye....
gambar nyusul!! oh ya hrganya cuma 350rb...book aja dulu..tar brg ane sndri yg anter...sekalian mau jelasin cara pakainya...rata2 2 minggu smbuh..ane emank newbie..tapi dagang obat ini biasanya ga lewat kaskus..!! semoga nge-bantu! obatnye import kok!

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2528065
-------------------------------------------------------

obat jerawat OXY 10 murah dan ampuh! - SOLD!

SOLD!

juragan2 sekalian,

ane mau jual obat jerawat OXY 10. ada 3 biji nih.
alasan dijual karena tidak cocok dengan kulit.
dnger2 di sini sih ga dijual..

ane mau jual @ 50.000
klo liat di harga aslinya skitar S$16,26 (Rp112.600)

Spoiler for reviewproduk
(banyak koq reviewnya di internet)

Spoiler for gambarproduk

Spoiler for tanggalexpired

Spoiler for tanggalexpiredzoom


PM ane ya gan...

http://archive.kaskus.us/thread/2223392/0/jual-obat-jerawat-oxy-10-murah-dan-ampuh
»»  Selengkapnya...

Obat Jerawat Batu Tradisional

bagaimana cara menghilangkan jerawat yang keras dn cara manghilangkan flek bekas jerawat
susi, 19 tahun

Jawaban :
Dear ananda Susi, Untuk mengatasi penyakit kulit yang namanya jerawat itu ada banyak cara, mulai dari menjaga kebersihan wajah dengan lebih seksama, pemberian obat anti jerawat dan sampai mengatur diet (pola dan menu makan) untuk mencegah jerawat makin parah. Yang namanya jerawat timbul akibat penumpukan kotoran di pori-pori kulit yang terlalu lama sehingga "mengundang" bakteri datang dan menginfeksi. Cara mengatasinya adalah dengan memakai produk yang bisa membunuh bakteri tersebut, seperti sabun muka atau salep atau krim yang mengandung benzoyl-peroxida atau yang mengandung sulfur (untuk yang tidak tahan terhadap benzoyl peroksida). Ada pula obat lain yang cukup efektif mengatasi jerawat, yaitu asam alpha hidroksi; yang bekerja dengan mengoksidasi bakteri sehingga mati, mengelupas kulit yang bermasalah dari luar dan merangsang penggantian sel-sel kulit, sehingga jerawat kempes dan bekas noda jerawat hilang dengan baik. Namun kalau obat jerawat biasa diatas tidak mempan, berkonsultasilah ke dokter spesialis kulit. Biasanya dokter akan memberikan obat jerawat yang mengandung vitamin A derivatif seperti Retin-A, ataupun yang mengandung antibiotik seperti contohnya garamycin, tentunya jika jerawat itu telah parah sekali. Cara-cara diatas, biasa dilakukan untuk mengatasi jerawat dalam stadium relatif biasa. Tapi yang ananda katakan disini adalah jerawat keras atau jerawat batu (cystic-acne), ukurannya cukup besar dan mudah meradang di seluruh wajah. Biasanya menyerang kamu yang mempunyai kelenjar kulit yang berminyak berlebih. Jenis jerawat ini butuh penanganan serius, karena biasanya tidak akan mempan dengan obat jerawat sulfur, retin-A dan benzoyl peroksida sekalipun. Nah, kalau udah gini, kamu harus secepatnya konsultasi ke dokter kulit untuk mengatasinya. Jerawat batu biasa disebut juga jerawat Jagung, karena memang ukurannya segede jagung. Bila muka terasa seperti pizza yg penuh topping, nah inilah cystic-acne, jerawat yg besar, dengan tonjolan-tonjolan yangg meradang hebat, berkumpul di seluruh muka (berbeda dengan jerawat biasa yang berkumpul di salah satu bagian muka). Inilah "godfather"nya jerawat, yang paling merusak tidak hanya secara fisik, tapi juga kepercayaan diri. Penderita cystic-acne biasanya juga memiliki keluarga dekat yg juga menderita jerawat jenis ini, coba perhatikan siapa keluarga terdekat ananda yang juga menderita jerawat batu ini. Penderita jerawat batu memiliki tanda-tanda / ciri-ciri berikut dibawah ini: (1) kelenjar minyak yang over-aktif yg membanjiri pori-pori dgn minyak, (2) pertumbuhan sel-sel kulit yg tidak normal yang tidak bisa beregenerasi secepat kulit normal, dan (3) memiliki respons yg berlebihan terhadap peradangan sehingga meninggalkan bekas di kulit. Obat-obat jerawat yang biasa tidak akan mempan buat jerawat jenis ini. Memakai scrub pun untuk menghilangkan bekas-bekas jerawatnya tidak akan ada hasilnya. Jalan satu-satunya adalah berkonsultasi lebih lanjut ke dokter kulit dan bisanya dokter akan meresepkan pil antibiotik seperti tetracycline, ataupun juga obat hormon (contoh kortison). Demikian penjelasan kami, semoga bermanfaat.




Tagged with: cara mengatasi jerawat, cara menghilangkan jerawat, jerawat badan, komedo, masker jerawat, masker pepaya, masker wajah, menghilangkan jerawat, obat alami jerawat, obat jerawat, obat jerawat tradisional, tips jerawat, Obat Jerawat Tradisional, Obat Jerawat Paling Ampuh, Obat Jerawat Ampuh, Obat Jerawat Batu, Obat Jerawat Yang Ampuh, Obat Jerawat Gamat, Obat Jerawat Yang Alami, Obat Jerawat di Punggung, Obat Jerawat yang Bagus, Obat Jerawat yang Paling Ampuh, Obat Jerawat
»»  Selengkapnya...

Obat Jerawat Batu Alami

Artikel Obat Jerawat Batu kontribusi dari Agus Deni untuk PlazaBaru dot Com. Thanks ya pak. Blognya Agus Deni tentang Obat Jerawat ada di bagian akhir tulisan ini. Yes, blog ini ngga hanya selalu untuk bisnis internet melainkan juga untuk hal lainnya, termasuk tentang Jerawat dan Obatnya tentu saja. Yuk kita mulai baca.

Jerawat memang sangat mengganggu, terutama pada penampilan wajah kita. Ini bisa terjadi pada kaum pria atau wanita, apalagi pada masa-masa pertumbuhan atau yang lebih kita kenal dengan masa puber, karna kadar hormonal kita sedang tidak stabil.

Jerawat memang banyak jenis dan obatnya, ada satu jerawat yang memang menyebalkan, biasanya gejala pertama jerawat itu muncul akan terasa sakit atau nyeri, ngilu, bisa juga pegal, eeeeh.. setelah jerawat itu tumbuh ukuranya besar, warnanya merah… jangan salah,.. karena rasa sakit di awal tadi kita akan menggaruk atau memijit-mijit jerawat tersebut, tp makin dipijit malah makin sakit dan bertambah besar, duh malunya kalau jerawat itu sudah tumbuh, apalagi jerawat itu sering tumbuh di ujung hidung kita, kalau hidungnya agak pesek (maaf) akan terlihat manis, hehe..(bercanda).

Banyak orang bilang kalau jerawat ini disebut jerawat batu, entah kenapa demikian, mungkin karena bentuk atau ukurannya yang besar, atau bisa jadi karena masa tumbuh jerawat ini sangat lama, minimal 1 minggu, waaah… kebayang nggak kalau wajah cantik atau cakep kita ini di hiasi jerawat batu? Yang pasti kita akan merasa kurang “PD” alias kurang percaya diri, mana sebentar lagi mau ketemuan sama pacar kita…??!

Ada tips untuk mencegah hal tersebut, mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan, sekali lagi ini adalah pencegahan bukan obat, karena pada waktu jerawat batu ini akan tumbuh, akan disertai rasa sakit, cepat-cepatlah oleskan pasta gigi pada bagian yang sakit itu dengan sedikit air, hingga terasa hangat, jangan terlalu banyak, secukupnya saja, ini bisa diulang dengan jarak waktu tidak terlalu cepat. Setelah beberapa kali pasta gigi ini dioleskan rasa sakit itu akan mereda dan sedikit-sedikit akan hilang, seiring rasa sakit ini hilang maka jerawat batu ini tidak akan tumbuh.

Dari uraian diatas dapat ditarik kesimpulan, bahwa jerawat batu ini merupakan kumpulan darah kotor yang tidak sempurna dari proses metabolisme tubuh kita, dengan dioleskannya pasta gigi tersebut,dapat membantu melancarkan peredaran darah yang kurang baik, terutama pada wajah kita.
Maka dari itu, biasakanlah kita untuk belajar hidup sehat, berolahraga, serta menjaga lingkungan disekitar kita, dan yang pasti jangan terlalu banyak pikiran yang mengakibatkan kita streess,yang merupakan salah satu pemicu timbulnya jerawat.

Kontributor : Agus Deni
Blognya Agus: http://obatjerawatbatu.blogspot.com



Tagged with: cara mengatasi jerawat, cara menghilangkan jerawat, jerawat badan, komedo, masker jerawat, masker pepaya, masker wajah, menghilangkan jerawat, obat alami jerawat, obat jerawat, obat jerawat tradisional, tips jerawat, Obat Jerawat Tradisional, Obat Jerawat Paling Ampuh, Obat Jerawat Ampuh, Obat Jerawat Batu, Obat Jerawat Yang Ampuh, Obat Jerawat Gamat, Obat Jerawat Yang Alami, Obat Jerawat di Punggung, Obat Jerawat yang Bagus, Obat Jerawat yang Paling Ampuh, Obat Jerawat
»»  Selengkapnya...

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat di Punggung

Penulis: M. Sholekhudin

Wandi bukan anak baru gede lagi. Masa pubernya sudah lewat cukup lama, lima belas tahun yang lalu, saat masih di SMP. Waktu itu, ia, yang mengaku punya kepribadian kurang percaya diri, menjadi semakin minder bergaul karena pubertas membuat wajahnya menjadi ladang bisul-bisul kecil berlemak. Ia menyebut masa itu sebagai “Perang Dunia Pertama” melawan jerawat.

Sejak tahun-tahun terakhir kuliahnya, ia sudah hampir lupa dengan masalah jerawat. Namun, begitu lulus dan bekerja di sebuah perusahaan telekomunikasi, ia kembali disibukkan oleh masalah jerawat. Kali ini bukan di wajah, tetapi di punggung. Bagian badan yang hanya bisa ia raba tapi tak bisa dilihat langsung.

Meskipun tidak sampai bikin minder, tetap saja jerawat itu membuatnya tidak nyaman. Tak jarang, jerawatnya pecah sendiri, lalu sisa nanah dan darah membekas di bajunya. Jika tidak tahan, kadang jerawat itu dipencetnya dengan ujung kuku. Tak jarang pula, pria jomblo yang sudah kebelet nikah ini minta tolong kawannya untuk memencet.

Akan tetapi, naga-naganya cara-cara tadi tidak menyelesaikan masalah. Jerawat tetap saja mengganas, lebih-lebih jika ia sedang stres. Setelah hampir setahun terlibat “Perang Dunia Kedua” melawan jerawat, ia baru bisa mengalahkan musuh bebuyutannya itu. Ternyata ia keliru memperlakukan kulitnya yang mudah berkeringat.

Tiap kali berangkat bekerja, karena naik motor, ia memakai jaket yang melindungi pakaian kerjanya. Saat pulang kerja malam hari, ia biasa langsung menonton teve dengan masih menggunakan pakaian kerja. Tak jarang sampai ketiduran di depan teve. Jika begitu, otomatis ia hanya mandi satu kali pada hari itu.

Rupanya kebiasaan inilah yang membuat punggungnya jerawatan. Atas saran dari kawannya yang bosan dimintai tolong memencet jerawat, ia mengubah kebiasaannya. Tiap kali pulang kerja, ia langsung mandi dan ganti baju. Jika banyak berkeringat, dalam sehari kadang ia mandi sampai tiga kali. Tak lupa ia juga memakai bedak antiseptik untuk punggungnya. Tiap kali tanggal muda, ia mengganti beberapa pakaiannya dengan yang berbahan katun. Sejak itu, jerawatnya sedikit demi sedikit hilang.

Karena lembab dan tertutup
Secara umum jerawat di punggung sebetulnya sama dengan jerawat di wajah. “Prinsip awal terjadinya jerawat itu sama,” kata dr. Sandra Widaty, Sp.KK, ahli kulit dari FKUI, Jakarta. Baik di wajah maupun di punggung, jerawat bisa disebabkan oleh empat pemicu.Pertama, karena kerja kuman Propionibacterium acnes. Bakteri ini merupakan penghuni normal di permukaan kulit manusia. Ia bisa hidup di wajah maupun di punggung. Dalam keadaan normal, ia sebetulnya tidak berbahaya. Cuma, ketika kulit kurang terjaga kebersihannya, ia berulah dan menyebabkan timbulnya jerawat.

Faktor kedua, tingginya produksi kelenjar minyak di kulit (sebum). Itu pula sebabnya jerawat mudah dialami orang yang kulitnya berminyak. Jika dua faktor ini berkumpul, maka jerawat tentu akan lebih mudah terjadi. Artinya, mereka yang kulitnya berminyak dan kurang menjaga kebersihan lebih berpeluang menjadi pelanggan jerawat.

Faktor ketiga, adanya gangguan proses pengelupasan lapisan kulit luar. Jika ini terjadi, lapisan kulit yang mestinya mengelupas itu malah akan menyumbat saluran kelenjar sebum. Semua faktor ini bisa menyebabkan jerawat, baik di wajah maupun di punggung. Faktor terakhir adalah reaksi radang.

Semua ini merupakan faktor umum yang menyebabkan gangguan kulit yang kita sebut sebagai acne vulgaris (acne: jerawat, vulgaris: biasa). Di wajah maupun di punggung, sama saja.

Khusus di punggung, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan jerawat makin mudah muncul. Misalnya pemakaian baju yang rangkap-rangkap. Persis seperti yang terjadi pada Wandi. Efek ini akan makin bertambah jika yang bersangkutan berada di ruangan yang gerah, panas. Kondisi gerah akan merangsang tubuh untuk mengeluarkan keringat. Sementara, pada saat yang sama keringat sulit kering karena punggung tertutup oleh pakaian yang tebal. Ditambah lagi, dalam kondisi lembap, kuman juga menjadi lebih mudah berkembang biak. Lengkaplah sudah.

Ini merupakan salah satu perbedaan penting antara wajah dan punggung. Wajah berada di daerah terbuka, mudah terkena debu, tapi tidak lembap. Punggung sebaliknya. Bagian ini berada di daerah tertutup, tidak mudah kena debu tapi mudah lembap akibat keringat. Jerawat di punggung juga bisa berupa “jerawat yang tidak biasa”. Bintil-bintil mirip jerawat tapi bukan acne vulgaris. Contohnya, erupsi akneformis. Ini berupa kelainan kulit yang muncul secara tiba-tiba. Bentuknya menyerupai jerawat tapi bukan jerawat biasa. “Jadi, bintil-bintil di punggung itu tidak selalu jerawat,” ujar Sandra. Di wajah pun begitu. Umumnya memang jerawat, tapi tidak semua bintil-bintil adalah jerawat biasa.

Jerawat yang tidak biasa ini misalnya disebabkan oleh efek samping pemakaian obat. Contohnya, kortikosteroid sistemik dan INH. Kortikosteroid biasanya digunakan untuk mengobati alergi atau asma. Sedangkan INH biasa digunakan dalam terapi tuberkulosis paru. Jika seseorang memakai obat-obat ini lalu timbul bintil-bintil di punggungnya, mungkin saja itu bukan jerawat biasa, tapi mungkin erupsi akneformis, misalnya.

Contoh lain jerawat yang tidak biasa adalah bintil-bintil di punggung akibat infeksi jamur tertentu. Bentuknya seperti jerawat biasa. Seperti kita tahu, jerawat ada yang bentuknya bintil-bintil merah, ada pula yang bintil-bintil kuning bernanah. Bentuk seperti ini juga bisa dijumpai pada infeksi jamur tertentu yang lokasinya di punggung.

Secara fisik, bentuk bintil-bintil ini sulit dibedakan dari jerawat biasa. Yang membedakan adalah rasa gatal yang ditimbulkan. Jerawat biasa umumnya tidak begitu gatal, sekalipun sampai bernanah. Tapi khusus jerawat akibat infeksi jamur ini, kata Sandra, gatalnya terasa lebih jelas.


Yang penting pencegahan
Karena penyebabnya bisa macam-macam, pengobatan jerawat di punggung pun bisa berbeda-beda. Tergantung penyebabnya. “Yang utama dalam masalah jerawat itu bukan hanya bagaimana mengobatinya. Tapi yang lebih penting lagi adalah bagaimana mencegah supaya tidak muncul lagi,” tandas Sandra. Ini patokan utama yang harus kita pegang dalam perang melawan jerawat karena memang gangguan kulit ini mudah kambuh lagi jika penyebabnya tidak dihilangkan.Sebelum pengobatan dilakukan, pertama-tama harus diidentifikasi dulu penyebabnya. Jika pencetusnya adalah kuman, itu artinya kebersihan badan harus lebih dijaga. Harus rajin mandi. Minimal dua kali sehari, pagi dan sore. Jika perlu, tiga kali sehari.

Sabunnya? Tak perlu sabun khusus. Kata Sandra, sabun mandi biasa pun (bukan sabun antiseptik) sudah cukup efektif untuk menjaga kebersihan badan. Selain bisa mencegah berkembang-biaknya kuman, mandi juga bisa mencegah jerawat akibat produksi kelenjar minyak yang berlebihan.

Agar punggung tidak lembap, tiap kali pulang dari mana pun, kita harus segera membuka pakaian. Supaya punggung kena udara bebas dan keringat bisa kering. Sandra juga menyarankan agar kita menghindari pakaian yang ketat supaya tetap ada sirkulasi udara di punggung. Untuk meminimalkan pengaruh keringat, gunakan pakaian berbahan katun atau bahan lain yang adem dan menyerap keringat. Jangan biasakan tetap memakai pakaian yang basah akibat keringat.Kebiasaan bilang ntar dulu, menunda mandi setelah pulang kerja, harus dibuang jauh-jauh.

Jika masalahnya adalah gangguan pengelupasan sel kulit, jerawat bisa dicegah dengan scrubbing. Cara ini akan membantu pengelupasan sel kulit yang sudah mati sehingga ia diganti oleh sel kulit yang baru. Tapi Sandra menegaskan, scrubbing ini hanya disarankan untuk kasus jerawat yang masih kecil-kecil, yang masih berupa komedo, bintik-bintik kecil. Kalau jerawat sudah gede-gede, apalagi sudah bernanah, cara ini tidak lagi dianjurkan. Malah bisa berbahaya sebab akan memperparah peradangan yang ada. Jika ada infeksi, proses scrubbing mungkin akan menyebabkan kuman malah menyebar.

Acara pencet-memencet juga harus ditinggalkan. Apalagi sampai menyuruh orang lain untuk melakukannya. Entah jerawat wajah atau punggung, cara ini tidak dianjurkan. Alasannya jelas. Pertama, cara ini tidak menyelesaikan masalah. Kedua, bisa saja malah menyebabkan infeksi. Sekalipun “hanya” di punggung, infeksi tetap harus dihindari. Ketiga, cara pencet paksa akan meninggalkan bekas noda hitam di punggung.

Supaya jerawat cepat sembuh, Sandra juga menyarankan agar konsumsi kalori dibatasi. Kurangi makanan yang banyak mengandung lemak. Ini sebetulnya tak ada hubungannya dengan keyakinan sebagian orang yang menganggap jerawat terjadi akibat kita makan lemak. Bukan itu.

Lemak tidak menyebabkan jerawat secara langsung. Akan tetapi, pembatasan kalori memang diketahui bisa mempercepat penyembuhan jerawat. Lemak perlu dibatasi karena, seperti kita tahu, nilai kalorinya paling tinggi di antara jenis kalori lain misalnya karbohidrat atau protein. Pada mereka yang tidak membatasi makan, jerawat biasanya akan lebih sulit sembuh. Itulah sebabnya konsumsi makanan sebaiknya dibatasi. Jadi, cokelat, susu, telur, dan sebangsanya tetap boleh saja dimakan, asal jangan banyak-banyak.

Jika penyebab jerawat adalah pemakaian obat-obatan, tentu ini sudah merupakan urusan dokter. Ini batas ketika kita harus pergi ke dokter.

Ketika jerawat masih berupa bintil-bintil kecil akibat sumbatan kelenjar minyak, kita masih bisa menanganinya sendiri. Dengan cara menjaga kebersihan badan, mengurangi masukan kalori, sesekali scrubbing, dan cara lain yang bisa kita lakukan sendiri. Namun, begitu jerawat sudah berupa bintil-bintil bernanah, apalagi jumlahnya banyak dan disertai rasa gatal atau bahkan senut-senut, itu pertanda bahwa kita harus pergi ke dokter. Segera!
»»  Selengkapnya...

Obat Jerawat Yang Bagus dan Alami

Default obat jerawat yg bagus apa ya menurut kalian?

muka gw jerawatan neh, ga begitu banyak sih tapi pengen aja punya muka bersih bebas jerawat.
selama ini sih gw pake obat jerawat dari sariayu (lotion anti jerawat), bagus juga sih tuh obat, bikin jerawat cepet kering.
tapi mungkin ada obat yg lebih bagus lagi, buat yang tahu infonya atau berpengalaman dengan obat jerawat, di share donk infonya
makasih yaa


Default jerawatku..jerawatmu...jerawat kitaaa

hi ceper...
gw dr dl jg punya masalah jerawat sampe desperate deh gw...
cm belakangan ini jerawat gw lumayan ilang dan gw jd pede an..
kalo tipe jerawat gw bukan jerawat batu sih..
nah kl gw ngatasinya gw minum kaplet sari ayu jerawat (murah kog cm 20rban), nah lumayan banget hasilnya, setelah abis 2-3 kotak, jerawat gw ga nge-boom kayak dl haha... jd jarang jerawatan, walaupun tetep ada dikit, cm kerasa banget khasiatnya.. trus gw rajin facial (kl ini gw addicted bngt) haha..
kl unt obat jerawat dan cuci muka cukup pake yg selama ini u pake dan cocok aja, ga usah ganti2.. jd menurut gw intinya minum kaplet sariayu + facial..
moga2 jerawat kita hilang ditelan dunia..
oiya..makanan paling penting dijaga jgn tergiur makanan yg menyebakan jerawat (tiap org beda2..ada yg makan coklat 3 bungkus ga jerawatan tp makan kacang 3 biji lgsg jerawat muncul)

Default smoga smua org yg mengalami jerawat sembuh smua..amiiin

harusnya banyak yg jual loh, di toko obat ada, di hero (biasa gw beli disini), di guardian, dll.. mudah di dapet kog say..kl lotion kan mungkin bagian kosmetik jd agak susah, kalu ini kan obat2 an
makanan sih kalo gw pengaruh banget, gw skrg dah jarang makan gorengan, coklat, apalagi kacang hehe..cm yg gw ga bisa lepas tetep cabeee...
minum aer putih yg banyak..
begadang juga pengaruh, nyokap gw suka kasitau gw jgn begadang nti jerawatan..n kl gw sih ngalamin bener setiap gw begadang 2 hr aja jerawat numbuh deh malahan agak sakit punya..
kalo masalah jerawat buset dah gw, sampe2 gw berdoa kalo gw sembuh gw bakal kasitau org2 cara sembuhinnya haha..
tp memang tiap org jenis kulit berbeda..
kalo yg gue dapet baru beberapa bulan terakhir ini gw ngerasa jauh lebih baik masalah jerawat..yg gw lakukan adalah:
- minum lo han kuo (skrg uda engga) katanya supaya ga panas dalam, karena bisa aja penyebabnya panas dalam.
- minum kaplet sari ayu (ngefek banget awalnya sih ragu, tp beneran gw cocok)
- facial
- pake obat jerawat gw yg dari smp 3 dl (dr dokter di lampung, obatnya ringan)
- pake facial wash yg natasha punya. (dl pake tje fuk, memang jerawat kurang tp muka jd kering gt dan suka gatel)

satu lg jgn dipikirin terus jerawatnya, yg ada makin banyak..

Wink

mm..aku mau share pengalaman neh..
dulu aku pernah jerawatan gitu..sampe ngga pede..
muka merah2 semua..
kalo ke campus di tutupin pake buku
tapi ngga sampe lama, ada sodara sepupu yang ngasih masuk'an about obat jerawat..
aku di jogja..ada tempat perawatan2 gitu deh namanya larissa..
nah, tuh obat beli disana cuman cemban aza
botolnya kecil aza..tapi kandungan belerangnya banyak..
aku makenya ngga sampe seminggu, sembuh !!
asli !! serius !! jadi alus..
cuman emang make-nya musti telaten..balik campus, cuci muka terus make itu..mau tidur, cuci muka terus make itu..
sembuh deh..
kalo ada temen atau sodara yang di jogja..atau di daerah kamu ada larissa, beli aza
semoga berhasil ya..



»»  Selengkapnya...