~~~Cara Alami Menghilangkan Jerawat - Info Tentang Obat Jerawat - Obat Jerawat Tradisional - Obat Jerawat Paling Ampuh - Obat Jerawat Batu - Obat Jerawat Gamat - Obat Jerawat Yang Alami - Obat Jerawat di Punggung dan Obat Jerawat yang Bagus~~~

Macam-macam Jenis Jerawat, Yang Menyerangmu!

Mungkin kamu pernah bertanya, kenapa jerawat yang kamu miliki dengan yang temanmu miliki bentuknya berbeda? Padahal keduanya sama-sama biasa disebut jerawat. Tapi punyamu warnanya merah besar sedangkan punya temanmu putih kecil-kecil.

Well, satu-satunya yang bisa saya katakan adalah, jerawatmu dan jerawat temanmu itu beda jenis. Punyamu namanya jerawat papule sedangkang punya temanmu adalah komedo putih/whiteheads. Biar nggak bingung, saya akan coba jelaskan tentang jenis-jenis jerawat tersebut. Ini dia...

  1. Tipe Non-Inflammatory

  2. (arti simplenya jerawat yang tidak bikin sakit dan tidak akan bertambah besar). Yang termasuk kategori ini adalah

    • Komedo Putih(whiteheads) - gambar (A)
    • dan
    • Komedo Hitam(blackheads) - gambar (B)

    Kedua komedo ini adalah akibat dari pori-pori yang tersumbat yang disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit. Jika komedonya tertutup disebut whitehead sedangkan komedo yang terbuka disebut blackhead. Dan ingat warna hitam pada blackhead bukanlah kotoran tapi merupakan penyumbat pori yang berubah warna karena teroksidasi dengan udara.

    Kedua jenis jerawat ini juga termasuk golongan jerawat ringan dan bisa langsung disembuhkan dengan facial(baik facial di salon maupun dilakukan sendiri)

  3. Tipe Inflamatory

  4. (yakni jerawat yang sering menimbulkan rasa sakit dan kemungkinan bisa terus bertambah besar, biasanya berwarna merah). Berbeda dengan komedo, penyebab jerawat ini tidak hanya karena pori-pori yang tersumbat tetapi pori-pori tersumbat itu juga terinfeksi oleh bakteri. Jenis ini antara lain :

    • Papule - gambar (C)
    • (termasuk jerawat sedang, warnanya merah dan kecil)
    • Pustule - gambar (D)
    • (jika papule tersebut berisi pus/benda putih yang bentuknya seperti nasi. Warna pustule adalah merah di pinggir dan putih di tengahnya)
    • Nodule - gambar (E)
    • (jerawat ini termasuk jerawat besar. Ukurannya lebih besar dari pustule dan biasanya sangat sakit jika disentuh)
    • Cyst - gambar (F)
    • (ini adalah bentuk jerawat yang paling parah. Ukuranya besar bahkan kadang sangat besar sehingga seperti bengkak. Berbeda dengan jerawat lainnya, cyst biasanya menyebar ke seluruh wajah/tidak di satu tempat saja. Kebanyakan pengidap cyst seringkali juga memiliki anggota keluarga yang mengalami hal serupa sehingga kemungkinan besar jerawat jenis ini bersifat genetik.)


  5. Milia

  6. Milia adalah bintik-bintik putih yang hampir menyerupai whiteheads tapi ukurannya jauh lebih kecil sehingga baru terasa jika diraba. Milia bisa terjadi pada bayi yang baru lahir, anak-anak maupun oranng dewasa. Kalo orang Jawa biasa menyebutnya “keringet buntet”(kalo tidak salah :P).

  7. Acne Rosacea

  8. Adalah jenis jerawat yang paling dan sangat sulit disembuhkan. Bentuknya sangat mengerikan karena biasanya menyebar ke seluruh wajah bahkan tubuh. Penyakit ini adalah gabuangan dari jerawat dan rosacea. Untuk lebih jelasnya tentang acne rosacea bisa kalian lihat di sini.
Nah, gimana? Sekarang kamu sudah ada gambaran kan tentang jenis-jenis jerawat?

Kalo kamu pengen tau lebih detail, misal tentang menyebab atau asal-muasal atau proses timbulnya jerawat-jerawat tersebut kalian bisa berkunjung ke situs acne.org atau acne.com . Kedua situs ini memberikan penjelasan biologis cukup jelas tentang hal-hal di atas. Klo saya sih malah bingung(jujur banget), maklum anak IPS.he..he..

Jadi buat kalian yang pengen tau lebih banyak cari tau sendiri aja ya…Semangat..!

gambar diambil dari http://www.acne.org/whatisacne.html
»»  Selengkapnya...

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat

Buat kalian yang sudah menempuh berbagai macam cara tapi jerawat tidak mau pergi juga, cara paling efektif untuk mengusir mereka adalah dengan facial. Ya, facial terbukti cukup mujarab untuk menghilangkan jerawat dengan cepat. Terutama jika jenis jerawatmu komedo hitam(blackheads) atau komedo putih(whiteheads).

Tapi jangan sekali-kali facial di salon biasa, pengalaman yang pernah saya alami, facial di salon biasa cuma memberimu rasa sakit(waktu jerawat-jerawatmu diambil) dengan hasil yang tidak maksimal. Bahkan kondisi kulitmu malah bisa lebih buruk karena alat-alat yang mereka gunakan terkadang tidak steril dan obat-obatnya juga tidak sesuai dengan jenis kulitmu.

So, saran saya, kalo kalian pengen menghilangkan jerawat dengan menempuh jalan facial, carilah tempat facial yang profesional dan terpercaya. Pastikan di tempat facial tersebut ada dokternya untuk berkonsultasi. Pastikan juga tempat tersebut bersih dan memiliki banyak pengunjung(itu artinya banyak orang yang cocok). Biasanya tempat/salon semacam ini mengkhususkan dirinya di bidang skin care. Beberapa contoh salon skin care yang saya tahu adalah Natasha, Larissa(hanya ada di Jogja, Solo dan Semarang) serta London Beauty Center.

Memang sih harga perawatan di tempat-tempat tersebut tidak semurah di salon-salon biasa. Tapi apa kalian mau bayarnya murah tapi tidak ada hasil atau bahkan membuat kulit jadi semakin rusak? Klo kalian memang tidak mau membayar mahal atau tidak punya anggaran untuk perawatan ke salon khusus skin care, lebih baik jangan pernah melakukan facial sama sekali. Toh facial kan ditujukan bagi mereka yang ingin cara cepat menghilangkan jerawat. Cara alami yang murah pun banyak yang terbukti cukup ampuh menghilangkan jerawat. Tapi ya itu, jika kalian ingin menempuh cara alami, lakukanlah dengjan sabar dan telaten. Jangan pernah menyerah menghilangkan jerawat. Ayo semangat!!!

»»  Selengkapnya...

Obat Jerawat Tradisional dengan Bawang Bombay

Bumbu masak yang satu ini punya kelebihan lain loh, selain sebagai penyedap masakan, bisa juga dipakai untuk memberantas jerawat, caranya bagaimana ? digoreng ?
Tentu tidak, kalau digoreng enaknya campur telor ceplok... , wah jadi ngelantur.

Langsung saja, kita ambil 2 buah bawang bombay, kupas kulitnya dan bersihkan. Setelah itu ambil putih telur, jangan banyak-banyak, cukup 2 sendok teh saja. Kemudian campurkan 1 sendok teh bedak cair Calamin, biasanya untuk kulit. Ketiga bahan ini setelah bercampur kita aduk rata sampai mebentuk sebuah adonan seperti gel. Adonan inilah yang kemudian kita balurkan ke bagian wajah kita yang berjerawat , tunggu kurang lebih 20 menit-an, setelah itu bersihkan wajah kita dengan air hangat.

Selamat mencoba, jangan putus asa, semoga cara pengobatan ini cocok untuk anda yang masih berjerawat.
»»  Selengkapnya...

Obat Jerawat Paling Ampuh dengan Bawang Putih

Kenapa bawang putih bisa bermanfaat sebagai obat ya?
Mari kita lihat apa sebenarnya yang terkandung di dalam bawang putih!

Ternyata bawang putih mengandung senyawa atau zat yang dinamakan aliin, senyawa aliin ini akan terurai dengan bantuan enzime alinase sehingga menjadi alisin. Sedangkan alisin mempunyai khasiat sebagai penghancur pembentukan darah yang beku di dalam arteri, mengurangi tekanan darah yang tinggi dan mengurangi gejal diabetes.
Alisin tergolong zat yang memiliki kekuatan antibiotik untuk melawan baksil dan kuman-kuman penyebab penyakit seperti difteri, tuberkolosis, tifus, disentri, dan gonore. Bawang putih juga mampu berfungsi sebagai ekspetoran atau pengencer dahak.

Selain alisin, bawang putih juga mempunyai kandungan senyawa lain yang disebut alil, zat alil ini berkhasiat untuk melawan berbagai penyakit degeneratif, dan dapat mengaktifkan pertumbuhan sel-sel yang baru.
»»  Selengkapnya...

Obat Jerawat Ampuh Madu dan Jeruk Nipis

Banyak sekali obat jerawat yang bisa anda pergunakan, tergantung mana yang cocok menurut jenis kulit anda. Kali ini kita coba meramu obat jerawat dari madu dan jeruk nipis.



Tapi sebelumnya kenapa madu dan jeruk nipis ini bisa dipakai obat jerawat?
Karena di dalam madu, terdapat kandungan zat antiseptik yang berguna untuk membunuh bakteri-bakteri yang menempel pada wajah yang dapat menyebabkan jerawat semakin meradang. Sedangkan, air jeruk nipis dapat mengurangi kandungan minyak pada wajah sehingga dapat mencegah kotoran yang menempel di wajah, yang memicu penyumbatan pori-pori.

Lansung saja kita buat ramuanya ;

1. Ambillah jeruk nipis dan peras airnya, kira-kira 1 sendok teh.
2. Kemudian campurkan air jeruk nipis tadi dengan 1 sendok teh madu.
3. Lalu oleskan campuran tadi pada wajah dan diamkan selama kurang lebih 30 menit.
4. Setelah itu bilas dengan menggunakan air dingin.

Selesai deh.., semoga ramuan tadi bisa mengurangi jerawat anda, yang terpenting pergunakan secara teratur dan jangan putus asa.
»»  Selengkapnya...

Obat Jerawat Batu dengan Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya memang sudah terkenal dari jaman dahulu sebagai penyembuh luka bakar dan penyubur pertumbuhan rambut. Tapi bagaimana dengan jerawat ? Apakah lidah buaya juga bermanfaat untuk menyembuhkan jerawat ?

Tanaman lidah buaya atau yang dikenal juga dengan aloe vera yang baik adalah yang berjenis Aloevera barbadensis miller . Tanaman dari jenis ini mengandung kurang lebih 72 zat yang dibutuhkan oleh tubuh kita, seperti air, vitamin, mineral, enzim, asam amino, karbohidrat, lemak dan lain-lain. Sedangkan zat yang berhubungan dengan penyembuhan jerawat diantaranya adalah berperan sebagai antibiotik, antiseptik, antiinfeksi, antiperadangan dan antioksidan. Antioksidan alami lidah buaya dibentuk dari vitamin C, vitamin E, dan zinc yang berguna untuk mencegah penuaan dini.

Lidah buaya mempunyai kelebihan lain yaitu mampu merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit. Di dalam lendir lidah buaya terkandung zat lignin yang bisa masuk dan meresap ke dalam pori-pori kulit. Lendir ini akan menahan hilangnya cairan tubuh dari permukaan kulit. Sehingga kulit tidak cepat kering, segar dan terlihat lebih muda.

Lidah buaya juga mempunyai sifat astringent sebagai penetral lemak yang menumpuk pada lapisan kulit, sedangkan antibakterinya berfungsi sebagai pembunuh bakteri P. acne penyebab jerawat.

Demikianlah manfaat lidah buaya untuk jerawat, sebagai pencegah dan pengobatan jerawat anda bisa menggunakan masker gel lidah buaya secara teratur. Namun jika selama perawatan jerawat anda masih belum sembuh atau malah bertambah parah, anda jangan kaget, lanjutkan saja terapinya karena jerawat akan hilang secara bertahap.
»»  Selengkapnya...

Obat Jerawat Yang Ampuh dengan Belimbing Wuluh




Obat tradisional untuk mengatasi jerawat memang sangat beragam, selain murah juga mudah didapat, salah satunya adalah dengan belimbing wuluh. Biasanya belimbing wuluh ini digunakan sebagai bumbu sayur asem, namun ternyata bisa juga sebagai obat jerawat.

Caranya, ambil 5 buah belimbing wuluh, lalu cuci hingga bersih dan tumbuklah sampai halus. Setelah halus, campurkan air garam secukupnya, aduk merata sambil di remas-remas.
Ramuan ini kemudian dioleskan pada bagain wajah yang berjerawat, lakukan 2x sehari, di pagi dan malam hari. Jangan lupa bersihkan wajah anda setelah melakukan terapi ini.
Semoga obat tradisional ini cocok dengan kulit wajah anda, sehingga jerawatnya bisa teratasi.
»»  Selengkapnya...

Obat Jerawat Gamat dengan Tomat

Banyak sekali obat anti jerawat yang menggunakan bahan-bahan alami, salah satunya adalah dengan buah tomat. Tanaman ini mudah sekali didapat, karena bisa tumbuh di sekitar kita. Selain bisa digunakan untuk minuman (jus tomat), bisa juga dipakai untuk bumbu masak, saus atau sambal, dan malah dapat mengobati beberapa penyakit, yang salah satunya adalah untuk mengatasi jerawat.
Buah tomat yang baik adalah yang berwarna merah, karena kandungan vitamin A dan vitamin C -nya sangatlah banyak. Selain itu, warna merah pada tomat ini mengandung lycopene , yaitu suatu zat antioksidan yang mampu menghancurkan radikal bebas dalam tubuh kita.

Rebuslah satu buah tomat, kemudian dipotong menjadi beberapa bagian, lalu potongan tomat itu bisa langsung di tempelkan dan diusapkan pada bagian wajah yang berjerawat secara perlahan. Bisa juga anda buat masker dari tomat ini. Diamkan sekitar 10 menit, setelah itu bilas dengan air. Bila anda rajin dan teratur melakukan terapi dengan buah tomat ini, sedikit demi sedikit jerawat anda akan hilang dan wajah anda kembali sehat.
»»  Selengkapnya...

Bawang Putih Obat Jerawat Yang Alami

Bawang putih memang sangat terkenal sebagai bumbu masak yang membuat aroma dan rasa masakan menjadi enak. Bawang putih juga mempunyai aroma yang kurang sedap jika dikonsumsi dalam keadaan mentah. Terkadang kita menjadi malas utnuk menyentuhnya. Namun, ternyata bawang putih merupakan salah satu tanaman yang mempunyai banyak manfaat bagi pengobatan. Bawang putih telah terbukti efektif dalam menyembuhkan jerawat.

Caranya sangat mudah, kita ambil beberapa siung bawang putih lalu gerus sampai halus, kemudian oleskan pada bagian wajah yang berjerawat. Bisa anda lakukan sebanyak 3x sehari, sampai jerawat itu menghilang.
»»  Selengkapnya...

Obat Jerawat di Punggung dengan Mahkota Dewa

Mengobati Jerawat dengan Mahkota Dewa - Obat jerawat alami atau tradisional ternyata masih banyak diminati oleh para penderita jerawat, mereka merasa bahwa menggunakan obat alami lebih kecil resikonya dibanding dengan obat-obatan kimia.

Obat jerawat alami kali ini adalah dengan menggunakan buah Mahkota Dewa. Tanaman dari jenis perdu ini mempunyai banyak khasiat dalam menyembuhkan berbagai penyakit, yang salah satunya adalah jerawat.
Caranya, kita ambil buah mahkota dewa yang masih muda. Buah mahkota dewa yang masih muda terbukti mempunyai daya inhibisi yang lebih tinggi daripada bagian lainnya. Hal tersebut dikarenakan buah yang masih muda mempunyai komposisi/kandungan senyawa flavonoid yang tinggi juga.
Flavonoid adalah suatu antioksidan alam yang mempunyai aktivitas biologis, antara lain sebagai antioksidan yang dapat menghambat berbagai reaksi oksidasi, serta mampu bertindak sebagai pereduksi radikal hidroksil, superoksida dan radikal peroksil.
Setelah itu kita cuci sampai bersih lalu diparut, parutan buah mahkota dewa ini bisa langsung dioleskan pada wajah kita yang berjerawat.

Ternyata buah mahkota dewa juga mengandung beberapa zat aktif seperti:

* Alkaloid, bersifat detoksifikasi yang dapat menetralisir racun di dalam tubuh

* Saponin, yang bermanfaat sebagai:
o sumber anti bakteri dan anti virus
o meningkatkan sistem kekebalan tubuh
o meningkatkan vitalitas
o mengurangi kadar gula dalam darah
o mengurangi penggumpalan darah

* Flavonoid
o melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh dan mencegah terjadinya penyumbatan pada
pembuluh darah
o mengurangi kandungan kolesterol serta mengurangi penumbunan lemak pada dinding pembuluh darah
o mengurangi kadar risiko penyakit jantung koroner
o mengandung antiinflamasi (antiradang)
o berfungsi sebagai anti-oksidan
o membantu mengurangi rasa sakit jika terjadi pendarahan atau pembengkakan

* Polifenol
o berfungsi sebagai anti histamin (antialergi)
( sumber : wiki.id )
»»  Selengkapnya...