~~~Cara Alami Menghilangkan Jerawat - Info Tentang Obat Jerawat - Obat Jerawat Tradisional - Obat Jerawat Paling Ampuh - Obat Jerawat Batu - Obat Jerawat Gamat - Obat Jerawat Yang Alami - Obat Jerawat di Punggung dan Obat Jerawat yang Bagus~~~

Macam-macam Jenis Jerawat, Yang Menyerangmu!

Mungkin kamu pernah bertanya, kenapa jerawat yang kamu miliki dengan yang temanmu miliki bentuknya berbeda? Padahal keduanya sama-sama biasa disebut jerawat. Tapi punyamu warnanya merah besar sedangkan punya temanmu putih kecil-kecil.

Well, satu-satunya yang bisa saya katakan adalah, jerawatmu dan jerawat temanmu itu beda jenis. Punyamu namanya jerawat papule sedangkang punya temanmu adalah komedo putih/whiteheads. Biar nggak bingung, saya akan coba jelaskan tentang jenis-jenis jerawat tersebut. Ini dia...

  1. Tipe Non-Inflammatory

  2. (arti simplenya jerawat yang tidak bikin sakit dan tidak akan bertambah besar). Yang termasuk kategori ini adalah

    • Komedo Putih(whiteheads) - gambar (A)
    • dan
    • Komedo Hitam(blackheads) - gambar (B)

    Kedua komedo ini adalah akibat dari pori-pori yang tersumbat yang disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit. Jika komedonya tertutup disebut whitehead sedangkan komedo yang terbuka disebut blackhead. Dan ingat warna hitam pada blackhead bukanlah kotoran tapi merupakan penyumbat pori yang berubah warna karena teroksidasi dengan udara.

    Kedua jenis jerawat ini juga termasuk golongan jerawat ringan dan bisa langsung disembuhkan dengan facial(baik facial di salon maupun dilakukan sendiri)

  3. Tipe Inflamatory

  4. (yakni jerawat yang sering menimbulkan rasa sakit dan kemungkinan bisa terus bertambah besar, biasanya berwarna merah). Berbeda dengan komedo, penyebab jerawat ini tidak hanya karena pori-pori yang tersumbat tetapi pori-pori tersumbat itu juga terinfeksi oleh bakteri. Jenis ini antara lain :

    • Papule - gambar (C)
    • (termasuk jerawat sedang, warnanya merah dan kecil)
    • Pustule - gambar (D)
    • (jika papule tersebut berisi pus/benda putih yang bentuknya seperti nasi. Warna pustule adalah merah di pinggir dan putih di tengahnya)
    • Nodule - gambar (E)
    • (jerawat ini termasuk jerawat besar. Ukurannya lebih besar dari pustule dan biasanya sangat sakit jika disentuh)
    • Cyst - gambar (F)
    • (ini adalah bentuk jerawat yang paling parah. Ukuranya besar bahkan kadang sangat besar sehingga seperti bengkak. Berbeda dengan jerawat lainnya, cyst biasanya menyebar ke seluruh wajah/tidak di satu tempat saja. Kebanyakan pengidap cyst seringkali juga memiliki anggota keluarga yang mengalami hal serupa sehingga kemungkinan besar jerawat jenis ini bersifat genetik.)


  5. Milia

  6. Milia adalah bintik-bintik putih yang hampir menyerupai whiteheads tapi ukurannya jauh lebih kecil sehingga baru terasa jika diraba. Milia bisa terjadi pada bayi yang baru lahir, anak-anak maupun oranng dewasa. Kalo orang Jawa biasa menyebutnya “keringet buntet”(kalo tidak salah :P).

  7. Acne Rosacea

  8. Adalah jenis jerawat yang paling dan sangat sulit disembuhkan. Bentuknya sangat mengerikan karena biasanya menyebar ke seluruh wajah bahkan tubuh. Penyakit ini adalah gabuangan dari jerawat dan rosacea. Untuk lebih jelasnya tentang acne rosacea bisa kalian lihat di sini.
Nah, gimana? Sekarang kamu sudah ada gambaran kan tentang jenis-jenis jerawat?

Kalo kamu pengen tau lebih detail, misal tentang menyebab atau asal-muasal atau proses timbulnya jerawat-jerawat tersebut kalian bisa berkunjung ke situs acne.org atau acne.com . Kedua situs ini memberikan penjelasan biologis cukup jelas tentang hal-hal di atas. Klo saya sih malah bingung(jujur banget), maklum anak IPS.he..he..

Jadi buat kalian yang pengen tau lebih banyak cari tau sendiri aja ya…Semangat..!

gambar diambil dari http://www.acne.org/whatisacne.html

No comments:

Post a Comment